jump to navigation

CISCO KENALKAN SOLUSI JARINGAN UNTUK UKM March 20, 2006

Posted by Bedjo in All About Computer.
trackback

Raksasa perangkat jaringan Cisco Systems memperkenalkan beragam produk dan solusi jaringan yang dikhususkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Melalui kegiatan SMB Roadshow 2006, Cisco mencoba menerapkan teknologi yang cerdas, mudah dan aman (smart, simple, secure).

SMB Roadshow 2006 digelar di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Kamis (02/03/2006). Acara ini hadir sebagai upaya Cisco membantu para pelaku UKM (usaha kecil dan menengah) dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan, khususnya untuk teknologi jaringan data.

“UKM dituntut untuk tetap dapat tumbuh dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Penerapan teknologi TI dan jaringan data menjadi salah satu alternatif pilihan yang mampu menjawab kebutuhan UKM”, kata Pudja Unggul Kartiman, Direktur SMB Cisco Systems Indonesia.

Pertumbuhan UKM di Indonesia sangat marak. Sekitar 50 persen pendapatan di Indonesia berasal dari UKM. Pudja mengaku mereka hanya ingin memanfaatkan kesempatan itu. Selain itu, Cisco ingin memperluas pangsa pasarnya dengan membidik pasar UKM.

Membundel Produk

Bersama mitra-mitranya — Lintas Arta dan MSM Consultant — Cisco berkolaborasi dan membuat satu sistem produk bundling yang dikenal dengan SMB Product. Adalah gabungan produk-produk dari ketiga perusahaan, untuk memberikan tiga solusi jaringan yang sudah dimodifikasi.

Dalam kolaborasi ini, Cisco bertindak sebagai penyedia hardware. Sementara Lintas Arta sebagai penyedia koneksi jaringan dan MSM Consultant sebagai penyedia aplikasi sistem online, seperti sistem kehadiran online dan sistem informasi kepegawaian (SIMPEG).

Produk ini bisa dibeli satu paket, tapi juga bisa dibeli secara terpisah tergantung kebutuhan perusahaan. “Untuk produk paket, kami belum bisa ngasih gambaran karena banyak hal yang harus diperhitungkan misal berapa user-nya, seperti apa implementasinya,” tutur Dewi Yunita, Sales Manager MSM.

Untuk target pasar yang diharapkan, Dewi juga mengaku belum bisa menentukan angkanya. Pada kesempatan yang sama, Cisco juga menghadirkan program Cisco Express untuk UKM. Termasuk diantaranya switch Catalyst Express 500, router Small Business (SB) dan Integrated Service Router (ISR).

Solusi yang dirancang khusus untuk UKM, dengan menghadirkan jaringan data yang cerdas karena kemampuannya mengelola trafik informasi, mudah karena cara penginstalan dan pengelolaannya telah disederhanakan, dan aman karena telah dilengkapi dengan fitur keamanan jaringan data.

Jaringan yang disediakan oleh Lintasarta juga didukung penuh oleh perangkat Cisco baik pada backbone maupun perangkat di sisi pelanggan guna memberikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: