jump to navigation

70 JUTA ANAK DAPAT DISELAMATKAN MELALUI IMUNISASI March 8, 2006

Posted by Bedjo in Healt.
trackback

Penyebaran penyakit infeksi masih menjadi bagian dari beban kesehatan masyarakat hingga saat ini. Berbagai upaya dilakukan, baik dengan intervensi pengobatan maupun dengan upaya promotif dan preventif. Salah satu langkah preventif yang penting adalah imunisasi. Hingga kini imunisasi masih menjadi andalan dalam mengendalikan penyebaran berbagai penyakit infeksi, khususnya penyakit yang banyak menjangkiti anak-anak.

Menurut para pakar imunisasi dunia, sedikitnya sebanyak 10 juta jiwa dapat diselamatkan pada tahun 2006 melalui kegiatan imunisasi. Bahkan hingga tahun 2015 sebanyak 70 juta jiwa anak-anak di negara miskin dapat diselamatkan dari penyakit-penyakit infeksi yang umumnya menjangkiti mereka. Demkian seperti yang dilansir oleh situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kesimpulan ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh WHO dan UNICEF. Perkiraan dana sebear US$ 2,5 miliard yang dialokasikan tiap tahun untuk imunisasi di negara-negara miskin akan meningkat menjadi US$ 3,5 miliard hingga 2010, dan mencapai US$ 4 miliard pada 2015 untuk memperoleh target tersebut.  

Hasil studi disampaikan pada pertemuan mitra kerja GAVI di New Delhi, India dari tanggal 7-9 Desember 2005 . Pertemuan ini digelar untuk membahas dampak potensial imunisasi hingga dekade mendatang dan merancang kebutuhan pendanaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan kegiatan imunisasi di negara-negara berkembang.  

Menurut Direktur Jenderal WHO, Dr LEE Jong Wook, Imunisasi merupakan salah satu hal penting bagi investasi di sektor kesehatan masyarakat. Dr. LEE menambahkan “ Sumber daya yang memadai dan strategi yang tepat akan mengarahkan kita pada hasil yang nyata. Kita telah mendapatkan banyak kemajuan dengan adanya imunisasi, tapi masih banyak yang harus dilakukan. WHO dan Global Alliance for Vaccines and Immunizations (GAVI) serta mitra kerjanya seperti UNICEF, sedang berupaya untuk mendapatkan dampak massal bagi keselamatan jiwa melalui imunisasi hingga dekade mendatang .”  

Studi terbaru yang dilaksankan oleh WHO dan UNICEF Global Immunization Vision and Strategy mengupayakan terwujudnya harapan tersebut. WHO dan UNICEF sepakat untuk mecapai sejumlah tujuan seperti mencapai cakupan imunisasi hingga 90% dan mengurangi KIPI. Jika negara-negara miskin dapat meraih tujuan diatas, hingga 2015 lebih dari 70 juta anak-anak di wilayahnya tiap tahun akan menerima vaksin untuk penyakit; TB, Difteri, Tetanus, Influenza, pertusis, campak, rubella, demam kunuing, hemopilus influenza tipe B, Hepatitis B, Polio, rotavirus, pneumococcus, meningocoocus, dan encephalitis Jepang. Imunisasi sangat penting untuk memperoleh MDGs, yaitu dalam hal pengurangan kematian pada ibu dan anak.  

Studi tersebut menilai biaya yang dibutuhkan dan dampak program imunisasi di 72 negara miskin dengan pendapatan nasional kasar kurang dari US$ 1000 per tahun. Jumlah estimasi biaya yang diperuntukkan bagi kegiatan imunisasi pada 2006-2015 di negara-negara tersebut sebesar US$ 35 miliar. Sepertiga dari US$ 35 miliar akan dialokasikan untuk pengadaan vaksin. Jumlah total dana untuk vaksin akan meningkat dari sekitar US$ 350 juta pada 2005 menjadi hampir mendekati US$ 1,5 miliard pertahun hingga 2015.  

Lebih dari 10 juta balita meninggal tiap tahun, diperkirakan 2,5 juta meninggal akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin yang kini ada maupun yang terbaru. Oleh karena itu sangat jelas bahwa imunisasi sangat penting untuk mengurangi seluruh kematian anak. Dalam era globalsiasi dan komunikasi tanpa batas, yang berdampak pada peningkatan kerentanan dalam penyebaran penyakit, membuat peran imunisasi semakin vital.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: